Bismillahrirrahmanirrahim

PERNYATAAN SIKAP
IKATAN SILATURAHMI ALUMNI STEI SEBI

Setelah membaca kronologi dan menyaksikan rekaman video amatir aksi evaluasi 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia yang berakhir ricuh pada tanggal 20 Oktober 2017, dimana BEM KBM STEI SEBI termasuk di dalamnya, maka kami Ikatan Silaturahmi Alumni STEI SEBI, menyatakan sikap sebagai berikut :

1. Menyesalkan dan mengutuk tindakan dari aparat kepolisian pada aksi demonstrasi evaluasi tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK yang melakukan pembubaran paksa secara represif kepada massa aksi hingga menimbulkan banyak korban luka dan berujung pada penangkapan 13 mahasiswa.

2. Menuntut kepolisian, dalam hal ini Kepolisian Daerah (POLDA) Metro Jaya, untuk membebaskan adik kami Ihsan Munawwar, Panji Laksono, Wildan Wahyu Nugorho dan Muhammad Ardi Sutrisbi dari segala tuntutan dan melepaskan dari proses penahanan tanpa syarat apapun.

3. Menuntut intitusi Kepolisian RI untuk bersikap adil tanpa kecuali, tanpa membeda-bedakan golongan tertentu, untuk menjamin kegiatan penyampaian pendapat di muka umum terselenggara tanpa tindakan kekerasan dari aparat dalam mengatur dan memfasilitasi setiap aksi-aksi mahasiswa yang telah di jamin oleh negara dalam UUD 1945 dan Undang-Undang.

4. Mengapresiasi dan mendukung perjuangan adik-adik BEM Seluruh Indonesia, khususnya BEM KBM STEI SEBI yang terus menyuarakan kebenaran oleh karena negara telah menjaminnya dalam pasal 28 UUD 1945 dan UU No 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

5. Mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya Mahasiswa Seluruh Indonesia, untuk mengawal dan membela proses pembebasan Saudara Ihsan Munawwar, Panji Laksono, Wildan Wahyu Nugorho dan Muhammad Ardi Sutrisbi yang saat ini masih menjalani proses penahanan di Polda Metro Jaya, serta memberikan dukungan moril maupun materil dan membela kepada aktivis Mahasiswa yang terluka, korban kekerasan aparat.

6. Kami tak pernah senang dengan penindasan. Kami tak pernah mundur walau sejengkal. Karena kami yakin selalu ada harapan dalam setiap perjuangan. Kami bangga atas pembuktian pergerakan BEM Seluruh Indonesia, terkhusus adik-adik BEM KBM STEI SEBI Kabinet Sinergi Kebaikan periode 2017-2018. Perjuangan itu tidak pernah mudah, pasti akan berliku, menanjak, bahkan menurun tajam. Tapi jika ada oknum yang coba membungkam dengan mengintimidasi maka tidak ada kata lain selain melawan.

Demikian pernyataan sikap ini kami umumkan sebagai bentuk dukungan kepada BEM Seluruh Indonesia, khususnya BEM KBM STEI SEBI. Sebagai dukungan juga terhadap upaya menjamin penyampaian pendapat di muka umum yang merupakan instrumen demokrasi terselenggara dengan baik, aman, tertib dan bebas dari tindakan kekerasan dari aparat keamanan, serta ikut bertanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat dalam memastikan jalannya pemerintahan agar sesuai dengan UUD 1945 dan Pancasila.

Depok, 23 Oktober 2017
Ikatan Silaturahmi Alumni STEI SEBI

 

Sekjend

Widy Nugroho, SEI., MM

Presiden

M. Feddy Fabachrain, SEIā€¦

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here