Wednesday, January 19, 2022
HomeHikmah dan NasehatJANGAN RUSAK EKOSISTEM

JANGAN RUSAK EKOSISTEM


oleh: aunur rafiq saleh

اُنْظُرْ  كَيْفَ  فَضَّلْنَا  بَعْضَهُمْ  عَلٰى  بَعْضٍ   ۗ وَلَـلْاٰ خِرَةُ  اَكْبَرُ  دَرَجٰتٍ  وَّاَكْبَرُ  تَفْضِيْلًا

“Perhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan akhirat lebih tinggi derajatnya dan lebih besar keutamaannya.” (QS. Al-Isra’: 21)

• Allah menciptakan manusia dengan rezki yang saling melengkapi. Masing-masing orang diberi kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Ada yang unggul dalam kedokteran. Ada yang unggul di bidang manajemen. Ada yang unggul dalam bidang-bidang lainnya. Masing-masing unggul dalam suatu bidang.

• Allah tidak menyebutkan siapa yang lebih unggul tersebut. Demikian pula yang kalah keunggulannya. Karena masing-masing punya kelebihan dan keunggulan.

• Dokter yang punya kelebihan dan keunggulan atas yang lain memerlukan orang lain yang mensuport berbagai kebutuhan hidupnya berupa makanan, pakaian dan lainnya. Jadi, dokter unggul di satu bidang kehidupan tetapi tidak pada bidang-bidang kehidupan lainnya.

• Dokter yang menguasai ilmu kedokteran memerlukan insinyur untuk membangun rumah atau gedung yang ditempatinya. Demikian pula memerlukan orang lain yang menyiapkan berbagai kebutuhannya.

• Jadi, setiap kita unggul di satu hal dan lemah pada hal-hal lainnya. Bahkan kita memerlukan petugas kebersihan yang membersihkan ruangan atau membawa sampah ke tempat pembuangan.

• Karena itu, jangan sekali-kali ada orang yang meremehkan pekerjaan orang lain, atau mengatakan saya lebih baik darinya, hanya karena dia bekerja sebagai petugas kebersihan sedangkan saya dokter atau insinyur. Karena masyarakat tidak bisa saling melengkapi kecuali dengan kita semua. Dari pekerjaan yang paling kecil sampai yang paling besar.

• Agar masyarakat saling terikat, tumbuh dan hidup maka Allah mengikat semuanya dengan rezki. Hingga setiap orang melakukan pekerjaannya dengan ridha untuk mendapatkan rezkinya dan rezki anak-anaknya. Bahkan mencari pekerjaan untuk mendapatkan rezkinya.

• Proses ini diperlukan dan sangat indah. Karena jika kita semua menjadi dokter atau insinyur, lalu siapa yang menyiapkan sarapan pagi untuk kita? Siapa yang membersihkan ruangan? Siapa yang bertani dan berdagang?

• Masyarakat yang individu-individunya tidak saling melengkapi pasti mengalami kerusakan. Tidak bisa bertahan hidup. Allah menghendaki masing-masing kita memiliki kelebihan dan keunggulan di satu hal atau bidang yang bermanfaat bagi masyarakat seluruhnya agar kehidupan berjalan normal.

• Karena itu, jangan pernah serakah ingin menguasai semua bidang dan lini rezki lalu merusak ekosistem yang telah diciptakan Allah. Bila keserakahan ini terus diperturutkan pasti terjadi kerusakan, ketimpangan bahkan kerusuhan sosial.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments

sukirno on BUNUH DIRI PPP