Siapakah Sang Pejuang berdirinya NKRI…..?

0
320

Umumnya teman teman yang sangat demen dengan slogan ; “NKRI HARGA MATI”, tidak mengetahui siapa sesungguhnya penggagas ide lahirnya NKRI itu ?

Jika ditanya kapan NKRI diproklamirkan pasti banyak yang tidak tahu juga.
Bahkan jika disebutkan bahwa lahirnya NKRI atas jasa tokoh Islam…… jangan jangan malah ada yang tiba tiba strooke saking kagetnya.
Karena tidak tahu sejarah dan hanya latah saja, seringkali mereka terjebak pada dikotomi NKRI diperhadapkan dengan Islam.
Seakan akan Islam anti NKRI.
Seolah olah NKRI itu bukan “hasil keringat” umat Islam.

Ayo bacalah sejarah.
1. Negara Republik Indonesia (NRI) tanpa K (Kesatuan) diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945.
2. Sejak perundingan Linggar Jati (1946-1950) Indonesia menjadi negara federal Republik Indonesia Serikat (RIS). Negara Indonesia menjadi salah satu bagian dari negara RIS dan beribukota di Jogjakarta. Bung Karno menjadi Presiden RIS dan Presiden Indonesia dijabat oleh Mr. Assaat.
3. Mohammad Natsir, sebagai Ketua Fraksi Masyumi di Parlemen RIS, lah yang menggagas untuk mengakhiri RIS dan kembali bersatu dalam negara Indonesia. Gagasan Natsir mendapat sambutan baik dari tokoh tokoh politik di parlemen, para pemimpin negara RIS serta kalangan aktivis. Natsir menuangkan gagasan nya dalam sidang parlemen yang kemudian dikenal dengan sebutan “Mosi Integral Natsir”.
4. Menindaklanjuti gagasan Natsir, tanggal 15 Agustus 1950, Bung Karno bersama para pemimpin negara negara RIS bersepakat untuk mengakhiri negara serikat dan bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Momentum ini oleh sebagian sejarahwan diakui sebagai momentum Lahirnya NKRI.
5. Tanggal 17 Agustus 1950 diproklamirkanlah NKRI dengan menetapkan Soekarno-Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden NKRI.
6. Atas jasanya memperjuangkan NKRI maka Presiden Soekarno mengangkat M. Natsir menjadi Perdana Menteri untuk memimpin kabinet yang pertama di NKRI. Sejak Indonesia merdeka baru pertama kali ini kabinet dipimpin oleh Tokoh Islam dari Partai Islam Masyumi.
7. Perjuangan M. Natsir menjadi sangat bersejarah dengan bergabungnya Irian Barat menjadi bagian dari NKRI.

Jadi……
Kalau masih ada yang menganggap Islam sebagai ancaman bagi NKRI berarti dia buta sejarah, ahistoris.

http://jejakislam.net/mengingat-mosi-integral-moh-natsir/⁠⁠⁠⁠

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here