sapaislam.com, Banyak masyarakat di Jakarta yang mengajukan pertanyaan ini kepada kiyai dan ustadz, juga kepada para habaib tentunya :

Kenapa pak kiyai tetap memilih paslon Muslim untuk jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub kali ini ?

Kiyai : Kami hanya mentaati perintah al-Qur’an yang melarang umat Islam memilih pemimpin dari kalangan non muslim.

Lihat dan bacalah beberapa ayat dalam al-Qur’an yang tegas-tegas melarang memilih calon non muslim, seperti : ‘Ali ‘Imran 3: 28; al-Nisa’ 4: 89; al-Nisa’ 4: 139 dan 144; al-Ma’idah 5: 51, 57 dan

81; dan al-Mumtahanah 60: 1.

Semua ayat-ayat di atas, jelas, tegas dan lugas melarang memilih pemimpin non muslim.

Tapi kiyai, … bukankah ada yang menafsirkannya beda ?

Ayat-ayat al-Qur’an itu ada yang jelas terang benderang, ada yang samar dan perlu penafsiran. Nah ayat larangan ini adalah yang jelas dan tegas .. Jadi tidak perlu penafsiran.

Kalaupun ente mau baca tafsirnya, jangan asal tafsir, tapi harus dari ulama yang sudah diakui keilmuan dan kesholehannya.

Sekali lagi, perintah atau larangan dalam al-Qur’an itu hanya berlaku buat yang percaya sama al-Qur’an, buat yang gak percaya mah gak berlaku, apalagi buat yang gak beriman, wong Allah aja dia lawan.

Satu lagi kiyai, ada yang bilang bahwa ayat itu buat pemimpin agama .. Kita sekarang lagi pemilihan Gubernur. Jadi, larangan itu gak berlaku !

Kiyai : Eh .. Hanya orang bodoh yang nafsirin kaya gitu … die gak ngerti bahasa Arab, nggak ngerti ilmu Tafsir, nggak ngerti ulumul Qur’an, nggak ngerti Ushul fiqih … mane boleh orang model gini ngenafsirin ayat.

Pake otak luh nih … kalau kita mau nafsirin ayat itu berarti pemimpin agama … dalam ilmu politik kenegaraan sekarang … Pemimpin agama itu apa ? MUI, Mufti, seperti di Mesir, Syiria, Jordan dll. Ya nggak ada sejarahnya orang non muslim bisa jadi ketua MUI atau Mufti Mesir. Jadi anggota aja nggak bisa apalagi jadi ketuanya. Ngaco lah ente.

Tapi si anu ngomongnye begitu kiyai ?

Si anu siape ? Tinggal nilai aje kok …

Layak atau nggak die untuk bicara soal Islam, soal tafsir. Kalau cuma mau sok-sok nafsirin sih jangan dipegang, jangan dianggap. Al-Qur’an bukan buat main-mainan.

Tapi kiyai … ?

Ya udah gini .. Ente buang buku die dan ente buang juga buku ane … ente pake aje al-Qur’an. Yang harus kite ikutin itu bukan orangnye … tapi al-Qur’annye.

Kemaren ane ude 10 kali bolak balik baca ayat-ayat yang kiyai bilang larangan memilih pemimpin non muslim. Kesimpulan yang ane ambil … emang gak boleh.

Nah gitu dong .. Jadi paham kan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here